oleh

Perdana Se-Indonesia, Kepala BPIP Resmikan Perpustakaan Pancasila di Lapas Kelas IIA Samarinda

Bidiknias | SamarindaMenjadi salah satu hari yang bersejarah bagi Institusi Pemasyarakatan, untuk pertama kalinya diresmikan Perpustakaan Pancasila.

Peresmian perpustakaan Pancasila di Lapas Kelas IIA Samarinda tersebut di resmikan langsung oleh pihak Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rabu, 30 Juni 2021.

Diresmikannya perpustakaan Pancasila ini merupakan hasil komunikasi dan koordinasi yang baik antara pihak BPIP yang di pimpin oleh Bpk. Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim-Tara yang dipimpin oleh Bpk. Sofyan. S.Sos. SH.MH.

Dipilihnya Lapas Kelas IIA sebagai tempat perpustakaan Pancasila tentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan strategis.

Selain itu keberadaan Lapas Kelas IIA Samarinda dinilai representatif untuk dijadikan tempat untuk perpustakaan Pancasila.

Direktur Sosialisasi Komunikasi & Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Bpk. M. Akbar Hadiprabowo S.H, M.H Yang hadir mewakili Kepala BPIP menyampaikan bahwa perpustakaan Pancasila di Lapas Kelas IIA Samarinda ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk warga binaan pemasyarakatan dan petugas pemasyarakatan dan semoga ini bisa menjadi pemicu semangat bagi petugas Lapas dalam melakukan pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan.

Ia juga menyampaikan motivasi kepada warga binaan bahwa Lapas bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Senada dengan pihak BPIP, Kakanwil Kemenkumham Kaltim juga menyampaikan bahwa pihaknya berharap agar perpustakaan Pancasila ini benar-benar bisa menjadi percontohan bagi seluruh Lapas dan Rutan.

Ia juga berharap agar tidak hanya perpustakaan tetapi kedepan bisa melaksanakan kegiatan kolaboratif untuk membumikan nilai-nilai Pancasila baik di dalam Lapas maupun diluar Lapas.

Sementara itu Kalapas Kelas IIA Samarinda M. Ilham Agung Setyawan menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak BPIP dan Kakanwil Kemenkumham Kaltim-Tara atas peresmian perpustakaan Pancasila di UPT yang dipimpinnya seraya berharap perpustakaan ini bisa menjadi inspirasi perubahan bagi warga binaan pemasyarakatan dan juga petugas pemasyarakatan. (A86) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed