oleh

83 Petugas Lapas Kelas IIA Samarinda Jalani Tes Urine Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba

-TODAY-72 views

Bidiknias | Samarinda – Berbagai upaya dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Samarinda dalam memberantas narkoba.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan melaksanakan Tes Urine kepada seluruh petugas, hal ini sebagai deteksi dini ada tidaknya petugas Lapas Samarinda yang mengkonsumsi narkoba atau alkohol serta melaksanakan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika atau P4GN.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalimantan Timur memonitor langsung jalannya kegiatan.

Tes urine dilakukan untuk memastikan tidak ada satupun dari petugas Lapas yang menjadi pengguna atau korban penyalahgunaan narkoba.

Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Kaltim (Jumadi) yang hadir secara langsung untuk menyaksikan proses tes urine.

“Hari ini saya hadir di Lapas Kelas IIA Samarinda untuk menyaksikan langsung pelaksanaan tes urine bagi seluruh petugas Lapas, kenapa ini kita laksanakan, karena petugas Lapas adalah Role Model dalam pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan oleh karena itu sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan yang membawahi seluruh UPT Pemasyarakatan harus memastikan bahwa tidak ada satupun dari petugas Lapas yang menjadi pengguna atau korban penyalahgunaan apalagi sampai menjadi bagian dari peredaran narkoba khususnya didalam Lapas.” Tegas Pria yang akrab disapa Jumadi itu.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda (M. Ilham) juga menyampaikan bahwa pihaknya melakukan tes urine secara berkala terhadap petugas Lapas.

“Jadi sebagaimana disampaikan oleh Bapak Kadivpas tadi bahwa hari ini dilaksanakan tes urine bagi seluruh petugas. Perlu juga kami sampaikan bahwasannya kami melaksanakan tes urine ini secara berkala, 1- 2 kali dalam setahun.

Hari ini, sambung kalapas Moh. Ilham Bapak Kadivpas hadir dan menyaksikan langsung proses tes urine yang dilakukan, bagi kami ini merupakan kehormatan sekaligus motivasi bagi kami karena Bapak Kadivpas sangat konsen dan peduli terkait keamanan, keselamatan dan kesehatan seluruh petugas” Ujarnya.

Pemeriksaan dilakukan oleh lima orang Tim Medis dan diikuti oleh seluruh Petugas Lapas Kelas IIA Samarinda sejumlah 83 (Delapan Puluh Tiga) orang. Adapun dari hasil tes seluruh petugas dinyatakan negatif.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai pukul 08.30 wita, seluruh kegiatan berjalan dengan aman dan tertib, dengan menerapkan protokol kesehatan. (A88)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed