oleh

Pemerintah Nias Barat Gelar Event Nasional FPA Aekhula Voice Hingga Lomba Spot Foto Juni 2022

Bidiknias | Nias Barat – Warga Nias Barat akan disuguhkan event bertaraf Nasional, dimana Festival Pesona Aekhula (FPA) masuk dalam daftar 110 Kharisman Event Nusantara (KEN) Tahun 2022. Event itu rencananya akan di gelar pada 1-5 Juni 2022 mendatang di Kecamatan Sirombu.

Menyongsong Kharisman Event Nusantara (KEN) itu, Pemkab Nias Barat menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan di Aula Soguna Bazato, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Nias Barat, Senin (25/4).

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengatakan masuknya Festival Pesona Aekhula pada event KEN tidak terlepas dari kerja keras dinas terkait.

“Apresiasi yang sebesar besarnya kepada dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Nias Barat yang telah bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu sehingga event daerah ini berhasil masuk di jajaran elit kalender event Nasional” katanya.

Dikatakannya, penyelenggaraan festival pesona aekhula Tahun 2022 sungguh menjiwai falsafah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Ini adalah pesta budaya rakyat Kabupaten Nias Barat, oleh karena itu kita ingin masyarakat mengambil bagian bahkan menjadi pelaku utama. Atraksi pemukulan 105 Gendang (Bahasa Nias: Famozi Gondra) dan pemukulan 8 Gong (Bahasa Nias : Famozi Aramba)” ujarnya.

Festival tersebut dirangkai dalam beberapa kegiatan, antara lain : Lomba Aekhula Voice, dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu babak penyisihan pada 1-2 Juni dan grand finalnya dilaksanakan paa 4 Juni 2022.

Selanjutnya, Festival Kerajinan Tangan dilaksanakan 1-4 Juni, sedangkan Festival kuliner di tanggal 2 Juni 2022 dan festival layang-layangnya pada 3 Juni 2022.

Kemudian, Lomba Spot foto dimulai 24-28 Mei 2022, sementara mancing mania dilaksanakan pada 3 Juni 2022. Terakhir, Bazzar/Stan Pameran berlangsung selama 5 hari dari 1-5 Juni dan diacara puncaknya, 5 Juni diadakan pertunjukan budaya. (ArH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed