oleh

Pemerintah Desa Lasarabaene Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

Bidiknias | Nias Barat – Pemerintah Desa Lasarabaene, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kegiatan pelatihan tersebut dilasaknakan di kantor Kepala Desa Lasarabaene, Kamis (28/04/2022) mulai pukul 10.00 WIB.

Bertindak sebagai narasumber adalah Ricky Kurniawan Harefa, SH., M.Si dan sebagai Moderator adalah Citra Agus Pengabdian Zebua, S.Sos dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nias Barat.

Acara pelatihan Tersebut diawali dengan Laporan Ketua Tim Pelaksana Kegiatan bidang Pemberdayaan Meinudin Zai. Dalam Laporannya, Meinudin Zai Menyampaikan bahwa anggaran pelaksanaan kegiatan ini adalah bersumber dari Dana Desa, item kegiatan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan total anggaran sebesar Rp. 7.150.000. Jelasnya.

Kepala Desa Lasarabaene, Notatema Waruwu mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Lembaga Desa dalam proses pembangunan. Dengan mengikuti pelatihan ini, sambungnya, diharapkan kapasitas BPD meningkat. Mereka diharapkan lebih memahami dan mengerti kedudukan, tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) serta dapat bersinergi dengan pemerintahan Desa maupun seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Lasarabaene ini.

“Tentu, pelatihan ini nantinya akan mempunyai implikasi positif terhadap aktivitas. Dan, substansi yang dihasilkan dari proses yang lebih baik ke depan,” katanya.

Ditempat yang sama, salah seorang Peserta Pelatihan BPD dalam hal ini Ketua BPD Marlin Kusuman Waruwu ketika dimintai keterangannya, Ia menyampaikan Apresiasi kepada Pemerintah Desa Lasarabaene atas terselenggaranya Kegiatan Pelatihan tersebut.

“Kami merasa perlu mengikuti Pelatihan, karena kami merasa kegiatan Pelatihan ini menyangkut tentang tugas dan wewenang kami sebagai Badan Permusyawaran Desa (BPD). Karena Pemahaman kami sebagai anggota BPD ini masih kurang. Sehingga dengan adanya pelatihan ini tidak ada tumpang tindih dengan pemerintahan desa.” Ujarnya.

Pada pelaksanaan pelatihan tersebut turut hadir: Citra Agus Pengabdian Zebua, S.Sos, Perangkat Desa, Ketua LPM, TPK Pemberdayaan dan Peserta Pelatihan BPD. (ArH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed